Ahlan Wa Sahlan di Official Weblog Komunitas Tadabbur Al-Quran (KontaQ)

Profil KontaQ

I. LATAR BELAKANG

KontaQ adalah singkatan dari Komunitas Tadabbur Al-Qur’an. Di dalamnya berhimpun para pencinta Al-Qur’an yang telah berkomitmen mentadabburkan (memahami, menghayati dan menginternalisasi) nilai-nilai Al-Qur’an satu halaman/hari. 

KontaQ resmi berdiri pada hari Kamis, 30 Safar 1435 H bertepatan dengan 2 Januari 2014. Berawal dari diskusi antara para pendiri dan penggagasnya tentang perlunya membangun komunitas yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pegangan hidup agar tidak tergilas oleh arus jahiliyah moderen yang sudah mempertuhankan syahwat dan fasilitas kehidupan dunia, tanpa peduli dengan panggilan dan murka Allah.


Dalam pelaksanaannya, KontaQ menggunakan Facebook (FB) sebagai media online pembelajaran dan komunikasi antara peserta dengan admin dan pembinanya. Sedangkan aktivitas utamanya ialah: MENTADABBURKAN AL-QUR’AN SATU HALAMAN per Hari atau yang disingkat dengan ODOP-TA; One Day One Page-Tadabbur .


Dalam sepekan sekali, para anggota dapat berkomunikasi langsung dengan pematerinya, sekaligus Pembina KontaQ, yakni Ust. Fathuddin Ja’far pada hari dan jam yang ditentukan kemudian. Begitu pula media komunikasinya akan ditentukan kemudian berdasarkan perkembangan anggota dan kemudahan akses serta murahnya biaya. Peserta dapat secara langsung berkonsultasi hal-hal yang terkait dengan Tadabbur Al-Qur’an dan persoalan lain seputar berinteraksi dengan Al-Qur’an.

Di samping itu, ada pula aktivitas bulanan berupa pertemuan anggota dengan para instruktur dan atau Pembina KontaQ yang waktu dan tempatnya dapat disepakati para anggota per-wilayah, baik kota/kabupaten ataupun tingkat propinsi. Dalam setahun atau beberapa tahun sekali akan diadakan pula temu peserta nasional yang akan ditentukan sesuai perkembangan peserta. 


Adapan anggotanya tidak dibatasi umur, jenis kelamin dan wilayah/territorial, karena aktivitas utama KontaQ adalah melalui jaringan internet sehingga mudah menyampaikan materi tadabbur dan informasi lainnya secara online dan terkini. Dengan demikian KontaQ adalah komunitas pencinta Al-Qur’an lintas usia, jenis kelamin, negara dan bahasa.




II. Visi
Adapun Visi KontaQ ialah: 
Menjadi komunitas yang menikmati hidup dalam cahaya dan bimbingan Al-Qur’an dan menjadi pioneer dalam mensosialisasikan Al-Qur’an, sejak dari membaca, memahami, mengamalkan, mengajarkan dan menghafal, kepada keluarga, para anggota komunitas dan masyarakat luas lainnya di wilayah Nusantara dan wilayah lainnya di seluruh penjuru dunia. 

III. Misi
  • Mengangkat panji/syiar “Kembali Kepada Al-Qur’an” di tengah keluarga, para anggota dan masyarakat seluas-luasnya.
  • Menyebarkan nilai-nilai Al-Qur’an kepada keluarga, para anggota dan masyarakat seluas-luasnya dengan cara yang mudah dan menarik.
  • Menciptakan cara dan sarana membaca, memahami, mengamalkan, menghafal dan mengajarkan Al-Qur’an yang menarik dan berkualitas tinggi sehingga lahir kecintaan kepada Al-Qur’an dan menjadikannya Manhajul Hayah (Way of Life).
  • Memotivasi para anggota, keluarga anggota dan masyarakat agar menjadikan Al-Qur’an bacaan utama, sumber utama ilmu dan sumber keberkahan dalam kehidupan dunia dan keselamatan dalam kehidupan akhirat, yakni masuk syurga dan terhindar dari neraka.

IV. Target
Adapun target KontaQ ialah :

1. Target para peserta/anggota ialah :
  • Mampu membaca, memahami Al-Qur’an dengan baik sesuai pemahaman Sahabat Rasulullah serta merasakan kenikmatan dan keberkahan hidup bersama Al-Qur’an.
  • Mampu menyosialisasikan apa-apa yang diperoleh dari KontaQ ke dalam rumah tangga dan orang- orang terdekat, baik keluarga maupun sahabat.
  • Terlibat menyebarkan dan menyosialisasikan Al-Qur’an kepada masyarakat Muslim khususnya dan manusia pada umumnya melalui program-program KontaQ dan kreativitas lainnya.
2. Target masyarakat ialah :
  • Mendapatkan informasi yang cukup terkait Al-Qur’an dan urgensinya dalam kehidupan.
  • Mendukung setiap program pengajaran dan penyebaran nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan masyarakat.
  • Mau berkorban dengan harta, waktu, ilmu dan potensi lainnya dalam pengajaran dan penyebaran Al-Qur’an dan nilai-nilainya di tengah-tengah masyarakat.
3. Target kerjasama dengan tokoh, ulama, institusi dan komunitas yang sama-sama meyakini Al-Qur’an sebagai way of life dan solusi kehidupan, baik tingkat lokal maupun global.


V. Materi Media KontaQ
Untuk jangka pendek dan menengah, yakni satu sampai 2 tahun ke depan, antara lain :

1. Harian
Mentadabburkan satu halaman Al-Qur’an, dimulai dari membacanya dengan tartil (bagi yang sudah mampu dan segera belajar bagi yang belum mampu), diteruskan dengan membaca terjemahan per ayat, kemudian ditutup dengan membaca tadabbur ayat, sesuai dengan materi yang dimuat setiap harinya.



2. Pekanan :
  • Audio atau video kajian Tadabbur pekanan yang diadakan di masjid Darussalam Griya Tugu Asri, Kelapadua, Cimanggis, Depok, atau di tempat lain.
  • Memuat testimoni-testimoni para peserta terkait pengaruh tadabbur Al-Qur’an dalam kehidupan berupa tulisan, audio atau video.
3. Bulanan :
Audio atau video terkait aktivitas masyarakat Indonesia mempelajari, memahami dan menghafal Al Qur’an.

4. Tahunan :
Audio atau video terkait aktivitas masyarakat dunia internasional dalam mempelajari, memahami dan menghafal Al Qur’an. Progran seperti ini bisa kita copy dan terjemahkan hasil /karya tv Arrisalah dan Al- Fajr yang banyak mengangkat tema-tema seperti ini. Insya kita bisa minta izin pada ke dua stasiun TV Al Qur’an tersebut.




VII. Penutup
Demikian sekilas tentang KontaQ. Semoga Allah memudahkan dan memberkahi setiap usaha kebaikan yang kita lakukan. Hanya kepada Allah kita menyembah dan kepada-Nya jua kita akan kembali. Semoga salawat dan salam tercurah pula kepada Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, keluarga, para sahabatnya dan para pengikut setianya sampai akhir zaman. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin….

----------------------

Fathuddin Ja’far, M.A
Penggagas, Pembina dan Istruktur Utama

E-mail: kontaq.tadabburquran@gmail.com
Web: www.kontaQ.co.nr








Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Log | CW | JT | MT
Copyleft © 2016. KontaQ-Komunitas Tadabbur Al-Quran - Seluruh Materi Tadabbur dalam Blog ini bersumber dari Mushaf Tadabbur (Qur'an Karim Terjemah, Makna Perkata dan Tadabbur ayat) Karya Ustadz Fathuddin Ja'far, MA yang diterbitkan oleh Penerbit Al-Bayan. Bagi yang ingin mengutip materi tadabbur dari blog ini, kami harapkan agar tetap mencantumkan sumber kutipan dalam upaya meraih keberkahan ilmu.
TC by CW Published by MT
Powered by Webblog